Kamis, 05 Desember 2013

KERAJAAN KUTAI


  • Prasasti ditemukan di Kalimantan Timur (Bukit Berubus, muara kaman) pada tahun 1879 berupa yupa yaitu sebuah prasasti yang dipahat pada tiang batu. Pada mulanya prasasti yang ditemukan ada 4 buah, kemudian ditemukan lagi 3 buah jadi jumlah yupa yang ditemukan menjadi 7. prasasti ini ditulis dengan huruf pallawa dan dalam bahasa sansekerta yang berasal dari abad v masehi. isi dari prassti ini kebanyakan menceritakan kemakmuran dan kebijaksanaan kerajaan kutai.
           adapun prasasti prasasti ini sebagai berikut:
  1. Sang Maharaja Kudungga, yang amat mulia, mempunyai putra mashur, sang Aswawarmman namanya, yang seperti sang Angsuman 'dewa matahari' menumbuhkan keluarga yang amat mulia. Sang Aswawarmman mempunyai tiga putra, seperti api tiga. yang terkemuka dari ketiga putra itu adalah sang Mulawarmman, raja yang berperadaban baik, kuat, dan kuasa. Sang Mulawarmman telah mengadakan kenduri (selamatan yang dinamakan) emas-amat-banyak. untuk peringatan kenduri itulah tugu batu ini didirikan oleh para brahmana.
  2. dengarkan oleh kamu sekalian, Brahmana yang terkemuka, dan sekalian orang baik lain-lainnya tentang kebaikan budi sang Mulawarmman, raja besar yang sangat Mulia. Kebaikan budi ini iala berwujud sedekah banyak sekali, seolah-olah sedekaah kehidupan atau semata-mata pohon kalpa, dengan sedekah tanah. bergubung dengan semua kebaikan itulah tugu ini didirikan oleh para brahmana.
  3. tugu ini ditulis untuk dua perkara yang telah disedekahkan sang Raja Mulawarmman, yakni segunung minyak, dan lampu serta malai bunga
  4. Sang mulawarman, raja yang mulia dan terkemuka, telah memberi sedekah 20.000 ekor sapi kepada lpara brahmana yang seperti api, di tanah yang sangat suci Wapakeswara untuk peringatan akan kebaikan budi raja itu, tugu ini telah dibuat oleh para brahmana yang datang di tempat ini
  5. Raja Mulawarmman yang tersohor telah mengalahkan raja-raja di medan perang, dan menjadikan mereka bawahannya seperti yang dilakukan oleh raja yudisthira. di waprakeswara raja Mulawaarmman menghadiahkan 40 ribu, lalu 30 ribu lagi. Raja yang salah tersebut juga memberikan jivadana dan cahaya terang (?) di kotanya. Yupa ini didirikanoleh brahmana yang datang kesini  dari berbagai tempat.
  • temuan arkeologi yang merupakan peninggalan dari kerajaan ini selain yupa dan arca buddha, diantarannya gua-gua di sepanjang sungai jelai, dan lukisan cap tangan di dinding-dinding gua. Serta arca-arca perunggu yang ditemukan di bukit berubus serta bangunan candi yang tertinggal hanya sisa-sisanya saja.

0 komentar:

Posting Komentar

Powered by Zainal Abidin